Minggu, 25 Agustus 2013

BANYAK MERUGIKAN

*Ramadan Cup Race

REPORTER : MASITA ACHMAD
EDITOR : ARSYD HAKIM

Banyak hal unik menjadi ciri khas Ramadan. Bukan hanya dari segi makanan tapi juga bisa berbentuk event khusus yang kerap dijumpai di bulan suci ini. Seperti balapan liar atau yang gaulnya disebut Ramadan Cup Race.
  
Dengan alasan ekspresi minat dan bakat, banyak hal negatif yang bisa ditimbulkan dari kegiatan ini. Salah satunya, mengganggu konsentrasi jemaah yang menjalankan ibadah salat tarawih.
  
Fauzi Ahmad mahasiswa Universitas Hasanuddin mengaku miris melihat hal ini. Menurutnya, kegiatan ini menggnggu masyarakat.
  
"Hal seperti itu masif terjadi bukan hanya di bulan Ramadan tapi di luar bulan Ramadan juga seperti itu. Intinya pasti mengganggu masyarakat apapun alasannya," tambah lelaki yang hoby bermain sepak bola ini.
  
Berbeda dengan Fauzi, Indra Sejahtera mahasiswa STIMIK AKBA menilai kegiatan ini sangat menghibur.    "Ada baiknya minat dan bakat remaja ini disalurkan. Misalnya diberi ruang untuk aktivitas tersebut. Tapi harus memikirkan keamanan mereka, sehingga para remaja nyaman. Menurut saya para pelaku dan penonton aktivitas ini sangat menghibur," ujar lelaki yang menyukai film bergenre action ini.
  
Sementara itu Ahmd Agung, mahasiswa jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, menyarankan para pembalap liar sebaiknya melakukan banyak amalan di bulan suci ini.
  
"Bulan puasa itu bulan yang penuh ampunan. Bernapas saja di bulan puasa bisa beramal apalagi kalau mengaji atau sedekah. Daripada balapan mending pergi tarawih," jelas lelaki yang hobi main game ini.
  

Di Makassar sendiri telah diberlakukan hukuman penyitaan motor yang terjaring razia balapan liar dengan masa penyitaan sebulan. Hal ini bisa menjadi pertimbangan besar untuk mereka yang berniat ingin melakukan balapan liar di bulan Ramadan. (*)

NB : Terbit di halaman SKeMa FAJAR, 16 Juli 2013 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar