Minggu, 25 Agustus 2013

Daya Saing Tinggi, Kualitas OK!

*Jurusan Teknik Mesin PNUP

REPORTER: MASITA
EDITOR: ARSYAD HAKIM


Tak ingin kalah saing dengan perguruan tinggi lain di Indonsia, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) membuktikan diri dengan merajai berbagai kontes robot dalam negeri dengan mengusung jargon-jargon dari berbagai jurusan di antanranya jurusan Teknik Mesin.
   
Ditemui di ruang kerjanya, Muh Tekad, selaku ketua jurusan Teknik Mesin menjelaskan, beberapa kontes yang pernah dijuarai mahasiswanya. Kontes itu, di antaranya, juara 1 nasional Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) yang diselenggarakan di Universitas Dian Nuswantoro Semarang dan juara 1 se-Regional V Kontes Robot Seni Indonesia di Universitas Udayana Bali.
   
Pencapaian ini tentu saja dengan kerja keras berbagai pihak dan proses seleksi mahasiswa baru yang ingin mengecap pendidikan di Teknik Mesin PNUP. Kepada SKeMa, Muh Tekad menjelaskan, penerimaan mahasiswa baru di PNUP terkhusus di jurusan Teknik Mesin terbilang ketat.
   
"Setiap semester kami hanya membuka dua kelas untuk jurusan teknik mesin. Setiap kelas hanya terdiri dari kurang lebih 25 mahasiswa, karena jumlah mahasiswa harus disesuaikan dengan jumlah mesin yang tersedia," beber Muh Tekad.
   
Disamping itu proses pembelajaran di  Teknik Mesin lebih banyak menekankan ke kegiatan praktikum demi  peningkatan skill mahasiswa.
   
"Teori hanya 40 persen. 60 persennya adalah praktik" tuturnya.
   
Selain mempersiapkan mahasiswa untuk merajai kontes robot nasional, Teknik Mesin PNUP juga mempersiapkan mahasiswanya untuk siap direkrut oleh perusahaan ternama. Terbukti banyak lulusan Teknik Mesin yang diincar perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia di antaranya Pertamina, PLN, dam perusahaan-perusahaan besar lainnya. (*)

NB : Terbit di halaman SKeMa FAJAR, 20 Juli 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar