Minggu, 25 Agustus 2013

Tambah Wawasan dengan Study Club

REPORTER: MASITA ACHMAD
EDITOR: ARSYAD HAKIM

Berbagai terobosan kreatif dalam proses belajar mengajar telah diciptakan demi memaksimalkan penyerapan ilmu yang diberikan. Salah satunya adalah Study Club (SC) yang pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan mahasiswa.
  
Mendapatkan ilmu lebih dan bahkan mendapat materi yang tidak didapatkan di bangku kuliah menjadi salah satu alasan Nur Sepadani, mahasiswi Universitas Muslim Indonesia untuk mengikuti SC di kampusnya.
  
"Ikut SC namanya Kapak, Kerukunan Pergerakan Mahasiswa Keadilan. Contoh materinya kayak logika, filsafat. Dan baru-baru ini tentang RUU Keamanan Nasional. Biasa juga mengulang pelajaran yang telah didapatkan," ungkap gadis yang menyukai genre musik jaz dan pop ini.
 
Lanjut Nur, SC bisa membuatnya lebih banyak berinteraksi dengan orang lain dan lebih memperluas jaringan pertemanan.
  
"Jaringan lebih luas karena kedekatan antarsenior dan junior, belajarnya juga jadi lebih leluasa dengan senior," aku perempuan kelahiran Makassar, 11 Desember 1993 ini.
  
Senada dengan Nur, Randa Haryanto mahasiswa STIMED Nusa Palapa juga berpendapat bahwa SC membuka ruang lebar untuk berinteraksi dengan dunia luar selain di dalam ruangan kelas.
  
"Kalau penyerapan materinya tergantung, kembali lagi ke pribadi masing-masing. Pastinya akan menambah ilmu dan bisa dikembangkan," tuturnya kepada SKeMa.
 
Nurul Hidayah Az-Zahra, mahasiswa jurusan Hukum Universitas Negeri Makassar, juga turut memberikan sumbangan pendapat mengenai SC.
  
"Menurut ku SC itu efektif karena kita bisa berkumpul dengan orang-orang yang sehobi atau sahati dengan kita. Kalau ada yang tahu dan ada yang tidak tahu, bisa saling bertukar pikiran," beber gadis yang menyukai film action ini.
  
Jika hanya belajar dalam ruangan perkuliahan, mahasiswa akan jenuh dan bosan. Untuk itu tak ada salahnya jika mahasiswa mencoba menambah wawasan lewat Study Club. Selain mendapatkan ilmu, jaringan pertemanan juga bisa semakin luas. (*)

 NB : Terbit di halaman SKeMa FAJAR, 24 Juli 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar